Install ubuntu desktop 18.04.01 LTS (Bionic Beaver)

Selamat pagi, semangat pagi, dan kopi pagi yang semoga menemani pagi kalian di minggu ke 4 dari tahun 2019 ini. postingan kali ini saya cuma ingin berbagi bagaimana sih install ubuntu desktop 18.04, apakah di versi ini ada instalasi yang berbeda, atau sama dengan installer yang eyang nya punya (Ubuntu versi yang lebih tua).

The ‘main’ archive of Ubuntu 18.04 LTS will be supported for 5 years until April 2023. Ubuntu 18.04 LTS will be supported for 5 years for Ubuntu Desktop, Ubuntu Server, and Ubuntu Core. Ubuntu Studio 18.04 will be supported for 9 months. All other flavors will be supported for 3 years. https://wiki.ubuntu.com/BionicBeaver/ReleaseNotes

Ubuntu merilis di tahun 2018 dan mensuport versi LTS ini 5 Tahun ke depan hingga bulan april 2023. klo lts abis umur penulis blog ini anggap saja sudah menua 5 tahun. Ubuntu ini merupakan update dari 18.04 yang di tambah angka 1 di belakang 4. pengen tahu apa saja yang update dalam ubuntu ini? silakan tanya asisten terdekat jika penasaran berlanjut hubungi dosen. jangan serius amat lah klo baca, paling ini text di skip haha langsung baca yang di tengah.

Oke lanjut. dimana kita bisa download iso file nya? apakah gratis? apakah besar? liat aja sendiri. dan yang pasti gratis, klo pun bayar pasti dapet cd.

Images can be downloaded from a location near you.


You can download ISOs and flashable images from: 
http://releases.ubuntu.com/18.04.1/(Ubuntu Desktop and Server) 
http://cdimage.ubuntu.com/ubuntu/releases/18.04.1/release/ (Less Popular Ubuntu Images) 
http://cloud-images.ubuntu.com/daily/server/bionic/current/ (Ubuntu Cloud Images) 
http://cdimage.ubuntu.com/netboot/18.04.1/ (Ubuntu Netboot) 
http://cdimage.ubuntu.com/kubuntu/releases/18.04.1/release/ (Kubuntu) 
http://cdimage.ubuntu.com/lubuntu/releases/18.04.1/release/ (Lubuntu and Lubuntu Alternate) 
http://cdimage.ubuntu.com/ubuntu-budgie/releases/18.04.1/release/ (Ubuntu Budgie) 
http://cdimage.ubuntu.com/ubuntukylin/releases/18.04.1/release/ (Ubuntu Kylin) 
https://ubuntu-mate.org/download/ (Ubuntu MATE) 
http://cdimage.ubuntu.com/xubuntu/releases/18.04.1/release/ (Xubuntu)


https://wiki.ubuntu.com/BionicBeaver/ReleaseNotes

Untuk instalasi kali ini saya pakai virtual box saja karena lagi tidak ada komputer yang siap untuk di ajak uji coba install ubuntu ini. saya tidak membeberkan cara buat VM virtual box nya. atau jika kalian tidak malas bisa cari di kolom pencarian.

Step – 1 Siapkan kopi anda

mohon untuk mengurangi gula agar hidup anda lebih sehat.

Step – 2 Masukkan installer Ubuntu 18.04.1

Mulai installasi ubuntu dengan memasukkan atau memasang media instalasi ke dalam laptop / dekstop / media yang akan di pasang ubuntu. hingga keluar halaman welcome ubuntu.

pilih bahasa dalam instalasi, di mohon untuk tidak menggunakan bahasa yang tidak anda mengerti, karena dapat menyebabkan tugas anda tidak selesai dalam waktu yang singkat!. silakan pilih Install Ubuntu unutk memulai.

Step – 3 Pilih keyboard layout

Pastikan kalian memilih keyboard layout yang benar.

keyboard layout mempengaruhi dari tombol yang kalian tekan dalam kegiatan ketik mengetik. efek dari salah memasukkan keyboard layout dapat merubah tatanan dari standart tombol keyboard. Disini saya menggukan standart English (US)dan English (US). jika tidak yakin dengan yang kalian pilih silakan coba untuk ketik di kolom type here ….

Step – 5 Memilih type software instalasi

Ini merupakan pilihan software yang tersedia ketika instalasi telah selesai. software bawaan seperti browser, office software dan lainnya akan ada ketika memilih Normal Installation. dan jika kalian ingin dengan minimal software hanya utility dan browser saja bisa memilih Minimal Installation. Saya pilih normal installation aja yang ini agar software nya tidak install lagi nantinya.

Di bawah pilihan software installation ada menu pilihan lagi dimana itu berbunyi

  1. Download update while installing ubuntu
  2. install third-party software for ……

Apa itu fungsinya?, menu pertama merupakan menu yang akan melakukan download update ketika kalian melakukan installasi. saya tidak merekomendasikan untuk yang terhubung dengan internet namun kecepatan sangat amat rendah, karena ini akan mempengaruhi lamanya waktu dalam installasi. namun jika kalian terlajur centang dan klick continue cabut saja kabel internetnya agar terbaca sedang tidak terhubung. untuk menu ke dua merupakan software tambahan lagi seperti graphics dan wifi card.

Step – 6 Bagaimana anda menginstal di Hard Disk

Untuk kalian yang tidak mau pusing dalam installasi ubuntu bisa langsung comtinue dalam step ini. PERLU DI PERHATIKAN KETIKA KALIAN MENGGUNAKAN METODE INI SEMUA DATA YANG ADA DI HARD DISK AKAN DI HAPUS SEMUA. SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS HAL TERSEBUT. TERIMAKASIH,

Namun jika kalian lebih suka yang lebih menantang dalam menghapus dan menata hard disk bisa memilih Something else. Menu ini bermanfaat ketika kalian memerlukan swap yang bisa di atur ukuran nya, membagi hardisk menjadi beberapa partisi, menginstall ubuntu dengan windows dalam satu hardisk. pilih Something Else untuk membagi hardisk.

Ketika melakukan instalasi pada hard disk yang masih kosong hanya akan muncul 1 disk tanpa partisi. untuk melakukan partisi mudah saja. klick New Partition Table. akan ada pesan konfirmasi, klick saja continue.

Setelah ini akan muncul free space dari hardisk yang telah di lakukan pembuatan patition table baru. seperti ini wujudnya.

Setelah itu klick pada free space dan klick tanda + untuk membuat partisi baru. partisi pertama akan saya gunakan Swap dengan ukuran 1GB, dengan type partisi sebagai Primary dan lokasi partisi pada awal. maksutnya adalah dimana kalian meletakkan partisi ini. bisa di awal dari sector atau awal dari sector, kemudian drop down pilih Swap Area, saya tidak bahas swap area panjang disini namun intinya untuk membantu ram untuk melakukan pekerjaan nya.

Swap area telah menjadi partisi, kemudian kita lanjut ke partisi sistem. lakukan kembali seperti sebelumnya dengan memilih simbol + kemudian untuk ukuran size saya masukkan sisa dari semua space yang tersedia. karena saya ingin file home jadi satu dalam partisi itu. jika kalian ingin home di partisi yang berbeda bisa kalian buatkan partisi sendiri dengan cara yang sama. untuk dropdown use as saya pilih Ext4, dan yang terakhir mount point sebagai / (slash) atau root.

Dan hasil partisi 2 sudah jadi maka tinggal install now. ketika klian akan install now bingung di pilih mana, hilangkan saja kebingungan itu karena sistem akan otomatis memilih /dev/sda untuk disk yang di lakukan write ubuntu installer. pesan terakhir yaitu confirmasi lagi, klick continue.

Step – 7 Pilih zone

Untuk memilih zone kalian hanya perlu menentukan dimana kota jam waktu kalian. maksutnya itu WIB, WITA, sama WIT nya itu lo.

This section i choose Jakarta.

Step – 8 Username dan Password

Masukkan username, id username, pc name dan password. Gunakan password yang tidak mudah di tebak, karena wordlist semakin marak. dan tulisan ini di buat sebelum quantum komputer belum di perjualbelikan. mengapa saya bilang begitu? kalian tonton youtube banyak banyak saja.

Step – 9 Proses Write Installasi Ubuntu

Bro atau sis yang tadi bikin kopi coba di cek kopinya masih panas tidak. karena ini akan memakan waktu yang tidak sebentar. Coba rasakan dan nikmati kopi yang sudah kalian buat sebelumnya untuk menunggu proses install ini. untuk yang tidak ngopi ya bisa juga sambil ngeteh. klo yang pake SSD boleh tulis di kolom komentar. Seberapa cepat proses installasinya.

Step – 10 Time to restart

Cepet kan bro, klo lama ya kasihan deh sekalian aja di tinggal tidur aja gitu. restart komputer nya jika installasi sudah selesai.

Oh iya jangan lupa cabut media installer nya ya. biar bisa boot ke Ubuntu yang barusan di lakukan installasi.

Step – 11 Pakai ubuntu nya

Setelah kalian restart akan masuk dalam pilihan menu user account. pilih saja sesuai yang kalian masukkan tadi dan login dengan password yang telah di daftarkan pada Step – 8.

Oke deh sudah selesai. terimakasih telah membaca sampai kata di bawah ini. untuk salah katanya dalam halaman ini bisa kalian report pada email berikut.

report.blog@denniseptian.com

Report akan kami coba terima jika terdapat kesalahan, dan kami ucapkan terimakasih atas bantuan dalam tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top